Wednesday, June 24, 2009

Teknik Elektro (electrical engineering)

Teknik Elektro adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari sifat-sifat elektron atau sifat-sifat kelistrikan yang kemudian diaplikasikan penerapan listrik, elektronik dan electromagnetism pada kehidupan sehari-hari. Berasal dari bahasa Inggris electrical engineering, yang bisa diartikan dengan teknik listrik.
Dalam perkembangan teknologi, teknik elektro dapat dibagi menjadi enam konsentrasi, yaitu:

* Teknik Tenaga Listrik (electric power engineering), yang dulunya merupakan konsentrasi arus kuat
* Teknik Elektronika (electronics engineering)
* Teknik Telekomunikasi (telecommunication engineering)
* Teknik Kendali atau Teknik Pengaturan (control engineering)
* Teknik Komputer (computer engineering)
* Teknik Biomedika (biomedics engineering)

Teknik Tenaga Listrik
Electric power engineering berkaitan dengan transmisi dan distribusi listrik serta desain dari berbagai perangkat yang terkait. Termasuk transformer, generator listrik, motor listrik, tegangan tinggi dan daya rekayasa elektronika. Di banyak daerah di dunia, pemerintah menjaga jaringan listrik disebut daya kotak yang menghubungkan berbagai generator bersama mereka pengguna energi. Teknisi listrik dapat bekerja pada desain dan pemeliharaan power grid serta daya sistem yang terhubung ke sana. Seperti disebut pada sistem-sistem grid daya dan pasokan yang kotak dengan tambahan daya, mengambil daya dari kotak atau melakukan keduanya. Teknisi listrik juga dapat bekerja pada sistem yang tidak terhubung ke jaringan listrik, yang disebut off-grid daya sistem, yang dalam beberapa kasus yang lebih baik untuk sistem on-grid. Termasuk masa depan dikontrol daya sistem satelit, dengan umpan balik secara real time untuk mencegah kuasa surges dan mencegah blackouts.

Teknik Elektronika
Elektronik engineering melibatkan desain dan testing dari sirkuit elektronik yang menggunakan properti dari komponen seperti resistors, capacitors, inductors, diodes dan Transistor untuk mencapai fungsi tertentu. Sirkuit yang sesuai, yang memungkinkan pengguna radio untuk menyaring semua kecuali satu stasiun, hanya satu contoh dari sebuah sirkuit. Contoh lain (yang pneumatic sinyal conditioner) akan muncul di foto berdekatan.

Sebelum penemuan yang terintegrasi di sirkuit 1959, sirkuit elektronik discrete dibangun dari komponen yang dapat dimanipulasi oleh manusia. Discrete sirkuit ini dikonsumsi banyak ruang dan daya yang terbatas dan kecepatan, meskipun masih umum dalam beberapa aplikasi. Dengan kontras, sirkuit terpadu dikemas banyak sering-jutaan-komponen listrik yang kecil, terutama Transistor, menjadi keping kecil sekitar ukuran koin. Ini diperbolehkan untuk komputer yang handal dan perangkat elektronik lainnya yang kita lihat hari ini.

Teknik telekomunikasi
Telecommunications engineering berfokus pada transmisi informasi di seluruh saluran seperti coax cable, optical fiber atau free space. Transmisi di ruang memerlukan informasi yang akan encoded dalam gelombang operator untuk beralih ke informasi carrier frekuensi yang cocok untuk transmisi, hal ini dikenal sebagai modulasi. Populer analog mencakup teknik modulasi amplitude modulasi frekuensi dan modulasi.

Setelah pengiriman karakteristik dari sistem ditentukan, telekomunikasi teknisi transmitters merancang dan receivers diperlukan untuk sistem seperti itu. Kedua kadang-kadang digabungkan untuk membentuk sebuah komunikasi dua arah yang dikenal sebagai sebuah perangkat transceiver. Pertimbangan utama dalam desain transmitters mereka adalah konsumsi daya, karena hal ini sangat berhubungan dengan kekuatan sinyal. Jika kekuatan sinyal dari transmitter tidak cukup sinyal informasi akan rusak oleh noice

Kontrol teknik
Control engineering berfokus pada pemodelan yang beragam dari berbagai sistem dinamis dan desain kontroler yang akan menyebabkan sistem ini untuk berkelakuan dalam cara yang diinginkan. Untuk melaksanakan seperti pengendali teknisi listrik dapat menggunakan sirkuit listrik, prosesor sinyal digital, microcontrollers dan PLCs (Programmable Logic Controller).

Kontrol secara teknis sering memanfaatkan umpan balik saat merancang sistem kontrol. Misalnya, dalam sebuah mobil dengan cruise control dari kecepatan kendaraan yang terus dipantau dan makan kembali ke sistem yang menyesuaikan motor dari daya output yang sesuai. Biasa di mana ada masukan, kontrol teori dapat digunakan untuk menentukan bagaimana sistem merespon seperti umpan balik.

Teknik komputer
Computer engineering berkaitan dengan desain komputer dan sistem komputer. Mencakup desain baru hardware, desain PDA atau penggunaan komputer untuk mengendalikan sebuah tanaman industri. Teknisi komputer juga dapat bekerja pada sistem perangkat lunak. Namun, desain perangkat lunak sistem kompleks sering domain rekayasa perangkat lunak, yang biasanya dianggap terpisah disiplin. Desktop komputer mewakili pecahan kecil dari sebuah perangkat komputer, arsitektur komputer seperti sekarang ditemukan di berbagai perangkat termasuk konsol video game dan pemutar DVD.



sumber & kutipan dari :
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_elektro
http://en.wikipedia.org/wiki/Electrical_engineering


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

1 komentar: on "Teknik Elektro (electrical engineering)"

bondan said...

nais inpo gan.

ane SMK teknik listrik hhe

Post a Comment

Sobat-sobat semua sudah punya rekening virtual gak buat transaksi di internet. Kalo belum daftar di PAYPAL, Klik aja Icon dibawah Ini

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.