Monday, May 26, 2008

Cara Daftar Search Engine

Teman –teman sudah bikin blog yang bagus dan bermamfaat isinya. Namun apa jadinya kalo Blog Anda itu tidak ada yang membuka dan itu berarti tidak ada yang membaca tulisan Anda. Mungkin itu sangat menyedihkan karena tidak ada yang mebaca tulisan anda. Padahal salah satu tujuan pembuatan blog yaitu agar tulisan anda dapat dinikmatin oleh orang banyak (pengguna Internet). Namun hal ini mungkin tidak terjadi jika saja orang-orang tau alamat Blog / situs Anda. Nah banyak cara agar blog/situs anda diketahui orang lain, cara yang paling popular yaitu dengan mesin pencari (Search Engine).
Bagaimana agar situs anda dapat terdeteksi oleh seach Engine?
Ya dengan mendaftarkan Blog anda ke search engine yang bersangkutan. Mustahil bagi bagi blog anda untuk terdektesi search engine karena blog yang anda baru bikin tidak otomatis terdaftar di Search Engine (mesin pencari). Jadi anda harus mendaftarkan blog anda dulu di search engine.
Berbagai macam search engine yang tersedia di Internet beberapa yang sering digunakan orang didunia ini yaitu Google, Yahoo, MSN.
Trus bagaimana caranya mendaftar? Upss.. sabar ya.. berkut cara untuk mendaftar di search engine :
Mendaftar di Google :
  1. Klik atau kunjungi situs berikut http://www.google.com/addurl.

  2. Setelah masuk anda akan disajikan Form pendaftaran. Isi From tersebut.

  3. URL -> alamat blog Anda (contoh http://kulpang.blogspot.com).

  4. Comments -> isi kata kuci yang berhubungan dengan blog Anda (contoh : tutorial, blog, technology, ex).

  5. Klik tombol AddUrl.

Setelah terdaftar di google blog anda tidak langsung terdekteksi oleh google search engine, karena google butuh waktu untuk memproses blog anda. Mungkin butuh waktu 2 – 3 minggu. Bahkan bisa lebih tergantung kualitas blog anda. Jadi lebih bersabar ya.. tapi mungkin Anda tidak sabar juga mungkin ada beberapa tips agar blog anda Cepat terdeteksi oleh Search Engine. Dan untuk ini saya akan membahas di artkel selanjutnya. 
Mendaftar di Yahoo :
  1. Klik atau kunjungi situs berikut http://siteexplorer.search.yahoo.com/submit.

  2. Di sini agak berbeda karena sebelumnya anda harus mempunyai account yahoo agar dapat mendaftar di search engine yahoo.

  3. Jika anda belum memilkinya dan ada bisa membuatnya di sini yahoomail.com. bagi anda sudah memilkinya ikuti langkah berikutnya.

  4. Login dengan username dan password anda.

  5. Anda akan masuk ke form pengisian. Isi form tersebut.

  6. Isi kolom dengan alamat URL anda. Kemudian klik tombol ADD URL.

  7. Kolom kedua adalah alamat feed anda jika anda ingin melampirkannya isi kolom tersebut dengan alamat feed anda. Alamat feed anda tersebut biasanya Cuma dengan menambahkan Atom.xml di belakang Url anda. Contoh : http;//kulpang.blogspot.com/atom.xml.

Daftar di MSN :
  1. Klik atau kunjungi situs berikut http://search.msn.com/docs/submit.aspx?FORM=WSDD2.

  2. Setelah masuk anda akan disediakan Form.

  3. Isi form dengan URL anda.

  4. Klik tombol Submit URL.


Untuk mengetes apakah blog / situs anda sudah terdeteksi oleh goole ada bisa memasukkan alamt blog anda di mesin pencari google yang ada di pojok atas blog ini. Sapa tau blog anda sudah terdeteksi oleh google.
Selamat mencoba.!

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

9 komentar: on "Cara Daftar Search Engine"

CAMPUS said...

lagi belajar bos

johan said...

sangat berguna buat pemula

johan said...

bos follow aku dong

sepatu futsal murah said...

Nice share...
Sangat berguna bwt newbi kaya saya...
Trims...

Post a Comment

Sobat-sobat semua sudah punya rekening virtual gak buat transaksi di internet. Kalo belum daftar di PAYPAL, Klik aja Icon dibawah Ini

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.