Thursday, March 25, 2010

Tempat-Tempat Ibadah unik dan artistik

Terkenal juga dengan sebutan "The New Jerussalem"


Terletak di semenanjung Sinai Mesir, tepat di mulut lembah di kaki gunung Sinai yang sulit di akses, Notabene di tengah wilayah dunia Islam. Saat ini berfungsi sebagai biara bagi Orthodox Yunani. Dikabarkan menjadi salah satu biara Kristen tertua yang masih berfungsi.


Biara ini di buat atas perintah Kaisar Justinian I dimana bangunan baru ini berdiri melingkupi Kapel Semak Terbakar (Burning Bush) yang telah di buat lebih dulu atas perintah Helena, ibu dari kaisar Constantine I.Karena di bangun atas perintah Helena, maka kapel tersebut juga dikenal sebagai St Helen’s Chappel.




Kapel Burning Bush sendiri berdiri tepat di tempat Nabi Musa melihat semak terbakar (Semak yang terbakar, namun tidak termakan Api) yang dianggap merupakan semak kehidupan. Dipercaya bahwa akar asli dari semak yang terbakar tersebut masih hidup di bawah biara tersebut, dan semak semak yang berjuntaian di dinding biara tersebut dipercaya merupakan bagian dari semak tersebut (bayangkan dari jaman Nabi Musa)






Nama asli biara ini adalah “ The Sacred and Imperial Monastery of the God-Trodden Mount of Sinai”. Kenapa lebih dikenal dengan Biara Saint Catherine, hal ini terkait dengan benda suci yang ada di biara tersebut. Benda suci tersebut merupakan sisa peninggalan dari Catherine of Alexandria (berupa tengkorak dan tulang tangannya), Catherine adalah seorang martir Kristen yang dihukum mati dengan cara dipancung. Sesuai kisahnya, jasad dari Catherine dibawa oleh malaikat ke Gunung Sinai, dan pada akhirnya pendeta dari biara Sinai menemukan sisa-sisa jasadnya sekitar tahun 800 Masehi.



Biara ini juga bisa dibilang lambang kerukunan antar umat beragama. karena Di biara tersebut juga tersimpan dokumen yang berisi pemberian hak istimewa. Dokumen tersebut ditandatangani oleh Nabi Muhammad SAW, yang memberikan perlindungannya terhadap biara tersebut. Sebuah Mesjid awalnya dibuat di dalam biara, namun karena orientasi arahnya tidak sesuai dengan Mekkah, maka mesjid itu saat ini tidak digunakan lagi. Saat inipun penghuni biara dan warga muslim setempat setiap hari kamis kumpul di biara untuk acara pembuatan roti yang hasilnya dibagi untuk bersama-sama



Mesjid Suleymainiye:




Adalah mesjid kekaisaran Ottoman yang terletak di Istanbul Turki. Adalah mesjid jaman Ottoman terbesar kedua di kota tersebut.(Yang terbesar Hagia Sofia, sebuah gereja yang dialih fungsikan sebagai Mesjid)







Dibuat atas perintah Sultan Suleiman I (Suleiman the Magnificent) dan dibuat oleh arsitek besar Ottoman yaitu Mimar Sinan. Dimulai tahun 1550 dan selesai tahun 1557. Merupakan jawaban dunia muslim yang dianggap oleh orang-orang eropa saat itu bahwa arsitek muslim tidak tahu caranya membuat kubah untuk sebuah bangunan.

Kubah utamanya memilikir ketinggian 53 meter dan memiliki diameter 26.5 meter.




Di halaman belakang nya terdapat makan Sultan Suleiman I, Istrinya yang bernaman Roxelana, dan anak perempuannya Mihrimah, ibunya dan adik perempuannya.







Sebetulnya mesjid ini ini masih kalah indah dengan mesjid biru dan kalah besar dari Hagia Sofia.Namun demikian, mesjid ini merupakan mesjid yang murni dibangun dengan ketulusan untuk beribadah kepada Allah SWT.



Hagia Sofia awalnya dibangun sebagai Gereja jadi bukan oleh umat Islam, sekarang difungsikan sebagai Musium. Mesjid biru merupakan buah keinginan Sultan Ahmed I yang ingin suatu bukti keberadaan dirinya. Tidak seperti Mesjid lain sebelumnya yang dibangun oleh Sultan dari dana rampasan perang, Mesjid biru dibangun dengan menguras keuangan negara karena sultan Ahmed tidak pernah menang perang. Hal ini sempat menimbulkan protes keras dari para Imam pemuka agama Islam saat itu
.

Hanging Temple:





Kuil Tergantung adalah kuil yang dibuat di tebing di Gunung Heng di provinsi Shanxi. Berada 75 Meter dari permukaan tanah, Kuil ini merupakan kuil yang luar biasa karena dibuat di tempat yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.











Dibuat pada akhir masa Dinasti Wei Utara (386-534AD) dan merupakan tempat suci bagi pendeta Tao. Saat ini sudah tidak digunakan sebagai kuil peribadatan, namun lebih dikenal sebagai salah satu objek wisata di Cina yang harus dikunjungi.











Terletak di pulau Kizhi rusia, gereja yang terbuat dari kayu ini dibuat pada tahun 1714. Merupakan komplek religius di tempat terpencil di rusia. Terdapat dua buah bangunan gereja dalam satu komplek, yaitu gereja musim panas dan gereja musim dingin. Dimana masing masing digunakan sesuai dengan musimnya. Terkenal karena arsitektur kayunya yang luar biasa. Terdapat total 33 kubah kecil di komplek gereja ini dan didalam tiap gereja terdapat panel-panel kayu berlapis emas yang berisi lukisan-lukisan religius





Sri Ranganathaswami Temple:



Kuil Sri Ranganathaswamy di Srirangam, Tamil Nadu, India adalah kuil Hindu yang didedikasikan kepada dewa Vishnu.



Kuil ini menempati wilayah seluas 156 hektar, menjadikannya kuil terbesar di India, dan merupakan kuil Hindu terbesar di dunia yang masih berfungsi. (Angkor Wat merupakan yang terbesar tidak berfungsi).



Kompleks kuil ini terdapat lapisan dinding sebanyak 7 lapis yang terbentang, yang kalau di ukur panjang keseluruhan dinding yang melingkupi kuil utama adalah sepanjang 1.116 meter. Orang selain Hindu hanya diperkenankan masuk sampai lapisan ke 6, dan tidak boleh masuk hingga ruangan terakhir yang bertudungkan emas.



Lapisan paling luar berisikan kehidupan duniawi, banyak pedagang masyarakat yang bertransaksi serta melakukan kegiatan-kegiatan keduniawian. kemudian di lapis ke 6 adalah lapisan ruang gajah suci. dimana sang gajah memberikan pemberkatannya kepada umat yang datang untuk berziarah.





Tentunya Selera Lokal:





dan















Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

1 komentar: on "Tempat-Tempat Ibadah unik dan artistik"

Obat Leukosit said...

tempat ibadah yang sangat menarik , semoga tempat ibadah tersebut digunakan sebaik-baiknya menurut kepercayaan masing-masing .

Post a Comment

Sobat-sobat semua sudah punya rekening virtual gak buat transaksi di internet. Kalo belum daftar di PAYPAL, Klik aja Icon dibawah Ini

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.