Saturday, September 29, 2007

mahkota rambut

“Rambut adalah mahkota wanita” istilah ini memang sudah tidak asing lagi bagi kaum wanita Indonesia. Rambut yang indah dan sehat menjadi dambaan setiap orang khususnya seorang wanita. Namun tidak jarang pula dijumpai kaum adam juga mendambakan rambut yang sehat dan bersih. Penampilan yang menarik tidak hanya dilihat dari wajah yang cantik, warna kulit putih bersih dan porsi tubuh ideal, namun juga kebersihan dan kesehatan rambut. Rambut dan kulit kepala yang sehat akan membuat segalanya menjadi terlihat bersih.Dewasa ini, perkembangan model rambut sangat bervariasi, begitu juga dengan cat rambut. Khususnya bagi para remaja yang sering keluar masuk salon kecantikan hanya untuk merubah gaya rambut yang sedang trend belakangan ini. Hanya untuk sebuah mode atau mengikuti trend rambut para idola, mereka rela mengeluarkan budget khusus hanya untuk gaya rambut dengan warna yang bermacam-macam.
Rambut yang indah dan terawat memang dambaan semua orang khususnya bagi kaum hawa tak terkecuali kaum adam. Tidak salah memang, jika para idola menjadi trendsetter yang di gandrungi semua remaja namun yang paling disesalkan adalah penggunaan gaya dan cat warna rambut yang tidak semestinya atau tidak pada tempatnya. Katakan saja model rambut ala Agnes Monika, beberapa saat yang lalu marak gaya rambut seperti Agnes Monika dan mengundang hampir semua kalangan remaja menjadi follower. Demi untuk menjadi seperti idola, mereka tidak berfikir tentang yang lainnya. Mungkin bagi seorang idola atau trendsetter, gaya dan warna rambut yang mereka gunakan sesuai dan cocok dengan kepribadian dan tata pergaulan mereka tetapi bagaimana dengan para follower?
Hal inilah yang menjadi momok para remaja, mereka tidak dapat menempatkan posisi nya sebagai follower yang pantas. Perubahan gaya dan warna rambut bukan hanya sebagai ajang untuk bergaya saja namun juga perlu dilihat bagaimana kepribadian dan tata pergaulan seseorang. Fenomena yang jelas terlihat sekarang ini, bahwasannya banyak dari mereka yang hanya sekedar ikut-ikutan tanpa memikirkan kepribadian dan tata pergaulan mereka sehari-hari. Mungkin saja ini adalah trend sang idola tetapi bagaimana dengan para follower, cocokkah, pantaskah, jangan-jangan hanya karena ajang ikut-ikutan, orang justru akan menganggap kita(follower) aneh dan jelek.
Bagi para follower yang cocok dan pantas, mengikuti trend idola tidak akan jadi masalah, tetapi bagaimana bagi follower yang kurang cocok atau tidak pantas, mungkin akan menjadi masalah besar bagi dirinya sendiri. Bukankah kita akan merasa malu dan tidak percaya diri karena mengikuti trend namun tidak sesuai dengan kepribadian dan tata pergaulan kita. Memang benar kalau apa yang cocok dan pantas untuk orang lain belum tentu cocok dan pantas untuk kita dan sebaliknya. Sebenernya tidak perlu menjadi orang lain untuk bisa dibilang remaja gaul, cukup menjadi diri sendiri dan yang paling penting self confidience.
Bicara tentang self Confidience, memiliki rambut dan kulit kepala yang sehat juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi, selain itu rambut sebagai mahkota wanita berperan penting dalam setiap penampilan. Dengan perawatan rambut yang baik dan benar, serta memberikan kebutuhan rambut yang sesuai, akan terwujud rambut yang indah. Selain menambah rasa percaya diri, dengan rambut yang indah dan sehat, penampilan pun juga semakin mempesona. Namun, tidak hanya memburu rambut hitam, lurus, dan panjang bahkan sebagian dari mereka justru sengaja mengecat rambut dengan warna-warna bervariasi agar lebih berkesan menarik. Fenomena ini kerap dijumpai di kota besar bahkan sampai ke desa-desa. Mewarnai rambut memang bukanlah hal asing lagi. Ini pun sudah menjadi trend di kalangan wanita Indonesia. Dengan semakin bervariasi nya warna rambut, semakin banyak pula wanita Indonesia yang kerap menggonta-ganti warna rambut sesuai dengan keinginan. Apalagi sekarang ini, banyak dijual bermacam-macam warna rambut dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan, dari harga yang paling murah sampai paling mahal.
Bicara masalah rambut sehat dan indah memang sudah menjadi dambaan setiap wanita. Namun bagaimana merawat dan menjaga rambut untuk tetap sehat dan indah bukanlah sesuatu yang mudah. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat dan menjaga kulit kepala agar tetap sehat, bersih dan terlihat rapi yaitu antaralain:
Mencuci rambut
Mencuci rambut penting banget untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kepala dan rambut. Pergunakan shampo yang memang sesuai dengan rambut dan kemudian bilas sampai bersih kerena jika tidak, maka shampoo yang tertinggal akan mengurangi kilau rambut. Hal ini dapat dilakukan tiga kali dalam seminggu atau sesuai keinginan masing-masing individu.
Memberikan condisioner untuk rambut
Kondisioner berguna untuk menambah kelembaban rambut, membuat rambut nampak halus, rapi dan mudah di atur. Selain itu juga akan memberi kelembutan dan melindungi rambut dari kerusakan. Pemakaiannya pun juga harus diperhatikan karena jika sampai mengenai kulit kepala, menyebabkan rambut berminyak dan yang juga penting sekali adalah rambut harus dibilas sampai bersih untuk menghindari rambut menjadi kusam dan berminyak.
Mengeringkan rambut.
Rambut yang terlalu sering dikeramas dan Blow-dry dapat mengurangi kelembaban nya. Jadi untuk proses pengeringan, sebaiknya rambut di biarkan kering secara alami untuk menjaga kelembabannya. Untuk rambut panjang sebaiknya dilakukan perawatan khusus pada ujungnya, hal ini dilakukan untuk menghindari rambut bercabang.
Memotong rambut
Memotong rambut juga penting sekali selain ketiga hal penting lainnya diatas. Pemotongan rambut dapat dilakukan sekali dalam sebulan atau tergantung masing-masing individu. Selain supaya terjaga kerapiannya, pemotongan rambut juga dilakukan untuk mengurangi atau membuang rambut yang rusak dan bercabang.
Penataan rambut
Maksud dari penataan rambut di sini adalah memberikan perhatian yang intensive. Rambut rontok kemungkinan akibat dari penyisiran yang kasar dan mungkin juga karena pengikatan rambut yang terlalu keras/ketat, sehingga rambut akan menjadi rusak dan sulit diatur.
Memiliki rambut sehat dan ideal tidak bisa dilakukan secara instant, butuh waktu dan proses yang panjang. Namun tidak semudah yang kita fikir selama ini, ada faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi kesehatan rambut, yaitu:


1.Faktor keturunan.
Adalah faktor yang kita bawa sejak lahir dan alamiah. Ini murni dari penurunan sifat genetik orang tua, yang meliputi warna rambut, tekstur rambut, tingkat kekeritingan dst. Ini menjadi sebuah identitas asli rambut yang mana di zaman sekarang ini dapat dirubah sesuai dengan apa yang kita inginkan. Kita dapat meluruskan atau mengeritingkan serta memberi warna bervariasi melalui pengecatan atau juga bleaching.
1.Faktor Kesehatan.
Berbeda dengan faktor keturunan, sedikit banyak kita dapat mengatur faktor ini. Faktor ini dapat diatur sampai pada tingkatan tertentu untuk mengetahui kadar kesehatan rambut kita dengan cara hidup sehat.
2.Faktor Makanan
Sama halnya dengan faktor kesehatan, faktor makanan juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Pola makan yang baik akan menghasilkan rambut yang sehat. Dan sebaliknya, pola makan yang tidak baik akan menghasilkan rambut yang kurang sehat.
3.Faktor perawatan Rambut
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perawatan rambut yang teratur akan menghasilkan rambut yang indah dan ideal. Ini merupakan faktor yang paling penting dan yang dapat kita kendalikan secara penuh.

Dewasa ini, banyak remaja dan wanita dewasa yang mengecat rambut dengan warna-warna yang bermacam-macam. Bahkan ada juga yang mengecat rambut dengan warna yang berbeda-beda. Pada dasarnya, mengecat rambut bukanlah cara yang terbaik. Pengecatan ini justru dapat membuat rambut rusak. Di dalam cat rambut mengandung berbagai macam zat kimia yang tidak bagus bagi rambut apalagi untuk rambut yang sensitif. Namun terkadang, orang tidak berfikir bagaimana akibat dari cat warna itu sendiri, mereka hanya mengikuti trend yang berkembang saat ini ditambah dengan harga murah dan terjangkau oleh semua kalangan.
Maklum banyak faktor eksternal yang membuat rambut jadi rusak dan kehilangan kelembabannya. Misal, akibat sinar matahari, pengeritingan, penggunaan hairdryer atau alat-alat styling pemanas yang berlebihan. Rambut yang rusak akan terlihat kusam dan tidak bercahaya. Pada orang yang berambut hitam, kerusakan ini akan terlihat dengan perubahan warna rambut yang menjadi coklat kekuning-kuningan dan ujung rambut kurang hitam dibandingkan akar rambut. Bahkan sebagian ada yang ujung rambutnya menjadi berbelah dan coklat kemerahan


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "mahkota rambut"

Post a Comment

Sobat-sobat semua sudah punya rekening virtual gak buat transaksi di internet. Kalo belum daftar di PAYPAL, Klik aja Icon dibawah Ini

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.